• Bisnis Dalam Era Globalisasi

    BISNIS DALAM ERA GLOBALISASI

    I.       PENDAHULUAN
                   
    Bisnis adalah hal yang sangat penting di Era Globalisasi seperti ini. Tanpa adanya bisnis suatu negara tidak akan berkembang dan maju. Karena dari bisnis itu sendiri lah yang membuat suatu negara itu nbisa maju dan dikenal negara lain. Majunya suatu bisnis di suatu negara itu dilihat dari bagaimana perkembangan bisnis tersebut dari awal di mulainya suatu bisnis sampai berjalannya bisnis tersebut. Di jaman era globalisasi ini, bisnis tidaklah berjalan di suatu perusahaan saja bahkan ibu rumah tangga sekarang pun  sudah memulai membuka bisnis-bisnis kecil yang dapat memikat orang banyak dengan bisnis tersebut.
               
    Pengertian dari bisnis itu sendiri adalah suatu usaha yang dijalankan oleh seseorang, sekelompok orang, organisasi, atau perusahaan dimana mereka membuka suatu peluang usaha yang akan mendapatkan hasil dan keuntungan dari usaha tersebut yang didirikannya itu.

                Di era globalisasi ini bisnis ruang lingkup bisnis sudah luas, setiap perusahaan bahkan setiap orang berhak mendapatkan peluang membuka suatu bisnis dimulai dari yang kecil hingga bisnis yang besar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan saling mendapatkan keuntungan antara kedua belah pihak.


    II.    ISI

    A.    Tujuan bisnis meliputi:

    1. Profit (keuntungan)
    2. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
    3. Pertumbuhan perusahaan
    4. Tanggung jawab social

    B.     Alasan pentingnya seseorang belajar bisnis :
    ·        Adanya saling ketergantungan
                   Manusia adalah makhluk sosial yang saling tergantung satu sama lain baik secara individual maupun kolektif.
    Seiring dengan kemajuan zaman yang mengakibatkan makin beragamnya kebutuhan dan keinginan manusia maka saling ketergantungan, ini pun makin meningkat. Yang mengakibatkan manusia melakukan tindakan atau bisnis.


    ·        Adanya peluang internasional
    Meningkatnya globalisasi di dalam dunia bisnis telah membuka peluang bisnis.
    Era baru dunia bisnis dalam pasar internasional memerlukan pemimpin bisnis yang tahu bagaimana memulai,
    mengoprasikan dan melanjutkan usahanya.                                             

    ·        Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup
    Standar hidup menunjukan jumlah barang dan jasa yang dipandang rata-rata sebuah keluarga atau individu sebagai suatu kebutuhan.
    Perkembangan teknologi dan kemampuan suatu perusahaanmengantisipasi kebutuhan manusia mampu mengubah standar hidup seseorang.


    C.     Faktor-faktor yang mendorong orang untuk membuka usaha sendiri, yaitu :
    —       Terbuka kesempatan untuk memperoleh keuntungan
    —        Memenuhi minat dan keinginan pribadi
    —        Terbuka kesempatan untuk menjadi “BOSS”
    —         Adanya kebebasan dalan manajemen


    D.       BISNIS DALAM ERA GLOBALISASI  

                Saat ini kecanggihan teknologi atau perkembangan IPTEK sangatlah berkembang pesat diera globalisasi ini agar tidak ketinggalan zaman dan informasi. saat ini semua kegiatan manusia hampir seluruhnya dibantu oleh mesin misalnya handphone dan barang-barang elektronik lainnya.  oleh karena itu bisa dijadikan alat untuk kemudahan dalam berbisnis atau menjalankan usaha. Contohnya seorang tukang siomay biasanya memanggul atau berkeliling menggunakan gerobak dari satu tempat ke tempat yang lain sudah jarang terlihat lagi. Saat ini lebih banyak pedagang siomay menggunakan motor untuk menjajakan dagangannya, itu merupakan suatu contoh perkembangan zaman saat ini. oleh karena itu semakin berkembangnya zaman maka bisnis pun akan semakin berkompetitif. Bisnis semakin banyak diminati masyarakat karena tergiur dengan keuntungannya serta kemudahan dengan teknologi saat ini
                Hubungan antara teknologi dengan kegiatan bisnis serta dampak globalisasi dan perubahan teknologi di usaha bisnis. diamati dari pengetahuan kita saat ini dalam mengkombinasikan antara sumber daya untuk membuat suatu produk yang kita inginkan. Dalam kegiatan bisnis teknologi sangat membutuhkan tekonologi yang sangat canggih untuk membantu aktivitas antar produsen dengan konsumen agar proses lebih cepat dan lebih efisien. Faktor yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan ekonomi dunia keseluruhan yaitu Faktor pertama adalah globalisasi atau perkembangan persaingan internasional  dan perkembangan global yang eksplosif. Faktor kedua perkembangan dan perubahan teknologi yang sangat pesat.
                Mengamati beberapa alasan diatas bahwa hubungan antara teknologi canggih dengan bisnis sangatlah erat khususnya diera globalisasi saat ini. globalisasi juga menyeleksi secara alami mana yang akan tetap bertahan. Perusahaan harus bisa menyesuaikan diri dalam keseimbangan pasar dan harus mampu memberikan apa yang dibutuhkan orang.
    Cara sukses dibisnis era globalisasip dengan perkembangan perekonomian dunia saat ini adalah:
    1. Kita wajib untuk terus berinovasi,
    2. Berkreasi untuk menumbuhkan semangat dalam berwirausaha. Harus siap
        menghadapi  tingginya kompetisi antara pasar lokal dan pasar global.
    3. Setiap saat harus memanfaatkan peluang agar bisa bersaingan di pasar global.
        Disamping itu kita  juga harus memperhatikan etika-etikanya.
    Seorang pembisnis harus memiliki sifat yang baik misalnya jujur dalam berbisnis, mau belajar dalam menghadapi kegagalan yg dialami dan menghindari sifat serakah atau tamak. Etika bisnis adalah usaha yang mendorong pembisnis untuk mematuhi dan menghadapi persaingan sehat. pembisnis harus mampu menetukan tindakan mana yang harus dijalankan atau dihindari, memiliki sifat bertanggung jawab dan tidak mudah terpengaruh orang lain. Selain itu, Berbisnis dalam era globalisasi merupakan salah satu usaha manusia dalam memperoleh barang dan menawarkan jasa. Pada umumnya dunia bisnis sangat erat kaitanya dengan pemahaman seseorang tentang ilmu ekonomi, yang erat kaitanya dengan aktivitas produksi,  pembelian maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Berbisnis lebih menekankan pada sebuah cara sedangakan pembisnis adalah orang yang melakukan aktivitas itu sendiri. Terkadang kebiasaan masyarakat kita bisnis sangat di identikan dengan sebuah keberadaan perusahaan dalam faham-faham yang berlandaskan ilmu ekonomi.  Orang yang berada atau yang memegang penuh kekuasaan dalam sebuah perusahaan tentu memiliki andil yang sangat besar dalam mengembankan sebuah bisnisnya.
    Berbisnis dalam era globalisasi tentunya memiliki banyak trobosan yang hadir dalam peluang, tantangan, ancaman dan kelebihan dalam perjalanannya. Era global yang mulai kaya akan informasi dan kemajuan teknologi membuat banyak model bisnis berkembang pesat dengan cepat. Perkembangan ini tentu saja mengakibatkan banyak perubahan yang segnifikan dalam dunia bisnis.
    Era Globalisasi dewasa ini banyak mempengaruhi perubahan pada pasar Global dan merembet ke dunia bisnis dalam sekala mikro. Globalisasi dan perkembangan teknologi mendorong terjadinya sebuah sleksi dan eliminasi teradap model bisnis yang berkembang  bahkan yang suda maju sekalipun. Globalisasi dalam dunia binis tida ubanya ibarat sebuah sleksi alamiah yang tidak bisa dihindari.
    Sebagai dampak globalisasi dan perkembangan teknologi, kondisi pasar saat ini banyak mengalami perubahan yang mendasar. Berikut adalah perbuhan-perubahan yang terjadi akibat dampak dari globalisasi dan perkembangan teknologi pada sebuah bisinis di era Global :
    1. Kekuasaan sudah berada ditangan konsumen
    2. Batasan wilayah bukan menjadi sebuah maslah yang berarti
    3. Sekala Produksi yang besar (Kuantitas produksi) bukanlah menjadi sebuah keharusan
    4. Peniruan dan pengusaan teknologi sangat cepat
    5. Persaingan semakin ketat dalam hal kualitas dan kuantitas barang
    6. Semakin meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai.

    Kesimpulan :
    ·        Berbisnis dalam era globalisasi merupakan sebuah keharusan yang akan menjadi tolak ukur bagi para pelaku bisnis
    ·        jika untuk memulai bisnis haruslah faham tentang seluk beluk teori ekonomi bisnis yang sangat erat kaitanya dengan cara dan stategi meketing di era global
    ·        Banyak pebisnis yang gagal karena mereka kurang paham memahami bisnis yang akan mereka akan jalani dan belum siap dalam menghadapi persaingan dan perkembangan teknologi di era ini.
    ·        Perencanaan bisnis harus disusun secara cermat, tepat dan akurat akan membatu dalam mengatasi masalah di era Global karena sejatinya rencana sangatlah erat kaitannya dengan isi dan subtansi dari bisnis yang anda geluti.


    III. PENUTUP

    Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis di jaman era globalisasi ini sangat penting yang disebabkan oleh beberapa faktor.
    Bisnis sudah banyak membuat orang tertarik untuk melakukan hal itu karena disamping mendapatkan keuntungan bisnis juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang . Dijaman era globalisasi ini pun bisnis banyak diminati orang untuk membuka usaha sendiri, dan semua itu juga disebabkan oleh beberap faktor yang mrendukung bisnis tersebut. Jadi bisnis ukan hal yang awam lagi bagi orang-orang bahklan bisnis sudah sangat digemari untuk semua karangan.
  • You might also like

    Tidak ada komentar: